16 April 2009


SPECIFICATION

Pertama: 29 September 1990 (YF-22) dan 7 September 1997 (F-22A).Peresmian Pemakaian: 15 Desember 2005Kru: 1 PilotBagian Airfoil: Akar sayap: NACA64A/05.92, Ujung sayap: NACA 64A/04.29Panjang: 18.92mLebar Sayap: 13.56mTinggi: 5mLuas Sayap: 78 m2Canard: tidak adaBerat kosong: 15.420kgBerat Takeoff normal: 27.215kgBerat Takeoff maksimal: 28.125kgKapasitas Bahan Bakar: internal 9.365kg dan eksternal 7.195kg dalam 4 tangkiPayload maksimal: internal 1.775 kg dan eksternal 8.635 kg.Mesin: 2 Pratt & Whitney F119-100 afterburning turbofansDaya Dorong: 310kNKecepatan maksimal: pada altitude: 2,180 km/jam pada ketinggian 9,150 m, 2 Mach [afterburner], 1,725 km/jam pada ketinggian 9,150 m, 1.6 Mach [supercruise]; pada level laut: 1.480 km/jam, 1.2 MachTinggi maksimal: 15.240mJarak tempuh: 3.700kmg-Limits: +9.0/-3.0Meriam: 1 meriam M61A2 Vulcan 20 mm (480 rds)Stations: 4 internal weapons bays and 4 external hardpointsMisil udara-ke-udara: AIM-9M Sidewinder, AIM-120A/C AMRAAM, direncanakan AIM-9X SidewinderBom: GBU-32 JDAM, direncanakan GBU-39 Small Diameter Bomb

SPESIFIKASI: (masih dapat berubah)

HISTORY:

First Flight(X-35A) 24 October 2000-(X-35B) 23 June 2001-(X-35C) 16 December 2000-(F-35A) 15 December 2006-(F-35B) expected 2007Service Entry-(F-35A) planned for about 2013-(F-35B) planned for about 2014-(F-35C) planned for about 2014

CREW: one: pilot

ESTIMATED COST:

-(F-35A) $45 million [2004$]-(F-35B) $60 million [2004$]-(F-35C) $55 million [2004$]AIRFOIL SECTIONS:

Wing Root unknownWing Tip unknown

DIMENSIONS:Length-(F-35A) 50.5 ft (15.4 m)-(F-35B) 50.5 ft (15.4 m)-(F-35C) 50.8 ft (15.5 m)Wingspan-(F-35A) 35.0 ft (10.7 m)-(F-35B) 35.0 ft (10.7 m)-(F-35C) 43.0 ft (13.1 m)-(F-35C) 29.83 ft (9.1 m) terlipatHeight-(F-35A) 15.0 ft (4.6 m)-(F-35B) 15.0 ft (4.6 m) (?)-(F-35C) 15.5 ft (4.7 m)Wing Area-(F-35A) 460 ft² (42.7 m²)-(F-35B) 460 ft² (42.7 m²)-(F-35C) 620 ft² (57.6 m²)Canard Area : not applicable

WEIGHTS:Empty-(F-35A) about 22,500 lb (9,980 kg)-(F-35B) about 23,500 lb (10,660 kg)-(F-35C) about 24,000 lb (10,885 kg)

Normal Takeoff: unknownMax Takeoff: about 50,000 lb (22,680 kg)Fuel

Capacityinternal:-(F-35A) 18,500 lb (8,390 kg)-(F-35B) 13,325 lb (6,045 kg)-(F-35C) 19,625 lb (8,900 kg)external: unknownMax Payload-(F-35A) 13,000 lb (5,895 kg)-(F-35B) 11,000 lb (4,990 kg)-(F-35C) 17,000 lb (7,710 kg)

Mesin:-Powerplant (F-35A/C) one Pratt & Whitney F135 turbofan; (F-35B) one Pratt & Whitney F135 turbofan and one Rolls-Royce/Allison shaft-driven lift-fan-Thrust (PW) about 35,000 lb (155 kN); (RR) about 18,000 lb (80 kN)

PERFORMANCE:Max Level Speed- at altitude: at least Mach 1.5- at sea level: unknown- Initial Climb Rate unknown- Service Ceiling unknown- Range: (F-35B) 1,080 nm (2,000 km); (F-35C) 1,620 nm (3,000 km);Endurance: unknowng-Limits : unknownARMAMENT:Gun: (F-35A) one 25-mm GAU-12 cannon; (F-35B) one external 25-mm GAU-12 gun pod; (F-35C) one external 25-mm GAU-12 gun podStations: four hardpoints in two internal weapon bays plus six external hardpointsAir-to-Air Missile : (internal) AIM-120C AMRAAM, AIM-132 ASRAAM; (external) AIM-9X Sidewinder, AIM-120B/C AMRAAMAir-to-Surface Missile: (internal) AGM-154 JSOW, Brimstone; (external) AGM-65 Maverick, AGM-88 HARM, AGM-158 JASSM, Storm ShadowBomb: (internal) up to two GBU-12 Paveway laser-guided, up to two GBU-31/32/38 JDAM, up to two CBU-87/89 cluster, up to two CBU-103/104/105 WCMD; (external) GBU-10/12/16/24 Paveway laser-guided, GBU-31 JDAM, Mk 82/83/84 GP, CBU-99/100 Rockeye II clusterOther : various transport podsVARIANJSF: Joint Strike Fighter designation originally given to the F-35 programJCA: Joint Combat Aircraft designation for the F-35 program used by the United KingdomX-35:

Varian demonstrator Pesawat Tempur yang digunakan untuk test penerbangan dan untuk validasi teknologi yang digunakan pada F-35.F-35A: Pesawat temput conventional takeoff (CTOL) multi-peran yang didasarkan pada model X-35A, tetapi bodi pesawat sedikit diperpanjang dan lebar permukaan ekor dimodifikasi. Dibuat untuk AU AS dan dilengkapi dengan senapan internal, sensor inframerah, dan sebuah laser designator. USAF berencana untuk membeli 1.763 pesawat, tetapi pada 2004 dikurangiF-35B: Pesawat tempur short takeoff and vertical landing (STOVL) multi-peran yang berdasarkan pada model X-35B awalnya dibuat untuk Marinir AS, UK Royal Navy, dan UK Royal Air Force. Dilengkapi dengan fan pengangkat yang terletak dalam “enlarged spine” di belakang kokpit, sebuah senapan eksternal, ruang senjata internal yang lebih kecil. Marinir AS berencana membeli 350 pesawat, sementara UK sekitar 138.F-35C: Pesawat tempur varian kapal induk (CV) multi-peran berdasar pada model X-35C dan mirip dengan F-35A tetepi mempunyai sayap yang lebih besar untuk meningkatkan kapasitas bahan bakar ditambah dengan ekor horizontal dan permukaan kontrol yang lebih lebar untuk performa pendaratan kecepatan-rendah yang lebih baik, struktur dan roda pendaratan yang diperkuat untuk pendaratan pada kapal induk, dan pembuangan meriam internal dengan tujuan untuk penambahan pod senapan opsional pada “centerline station”. AL berencana memesan 330 buah.F-35D (?): Model yang diajukan ke USAF, mirip dengan F-35B tetepi menekankan operasi short-takeoff and landing (STOL) daripada STOVL. Akan mempunyai sistem propulsi (mesin) yang direvisi berdasarkan pada mesin F136General Electric dan menggunakan sayap F-35C yang lebih besar untuk meningkatkan kapasitas bahan bakar dan jarak tempuh, juga dilengkapi dengan senapan internal dan sebuah “probe” pengisian bahan bakar a la AU US. USAF pada awalnya berminat memesan 200 buah, tetapi akhirnya dibatalkan karena meningkatnya biaya produksi F-35B.EA-35 : Proposal Lockheed Martin untuk sebuah varian pesawat tempur elektronik dua tempat duduk. Tetapi dibatalkan.KNOWN OPERATORS:-United Kingdom (Royal Air Force)-United Kingdom (Royal Navy)-United States (US Air Force)-United States (US Marine Corps)-United States (US Navy)Negara-negara berikut diharapkan membeli F-35:-Australia (Royal Australian Air Force)-Canada (Canadian Armed Forces, Air Command)-Denmark, Kongelige Danske Flyvevåbnet (Royal Danish Air Force)-Israel, Tsvah Haganah le Israel - Heyl Ha'Avir (Israeli Defence Force - Air Force)-Italy, Aeronautica Militare Italiana (Italian Air Force)-Netherlands, Koninklijke Luchmacht (Royal Netherlands Air Force)-Norway, Kongelige Norske Luftforsvaret (Royal Norwegian Air Force)-Singapore (Republic of Singapore Air Force)-Turkey, Türk Hava Kuvvetleri (Turkish Air Force)

0 komentar: